SDN 001 Harapan Jaya Menuju Adiwiyata Nasional

(WARTADLH) — Sebagai sekolah yang baru saja mendapat predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi Kepulauan Riau tahun lalu, SDN 001 Harapan Jaya Kec. Bunguran Tengah selalu berupaya menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekolah guna menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Sekolah tidak henti-tentinya melakukan berbagai kegiatan untuk penghijauan di sekolah. Salah satunya dapat dilihat dari tanaman yang ditanam guna menambah kesejukan dan kenyamanan lingkungan sekolah. Hal ini terlihat pada saat Tim Pembina Sekolah Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna mengadakan kunjungan untuk pembinaan di sekolah tersebut.

Untuk selanjutnya, menurut Kepala Sekolah, Bpk. Burhaji “SDN 001 Harapan Jaya akan menuju ke sekolah Adiwiyata Nasional. Oleh karena itu kami akan selalu mengharapkan pembinaan dari Tim Pembina Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna. Apalagi dengan adanya peraturan terbaru dari Kementerian Lingkungan Hidup”, imbuhnya.

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Adapun Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 sebagai pedoman dan acuan terbaru bagi Sekolah Adiwiyata seluruh Indonesia.

Dalam hal pembinaan, kunjungan kali ini merupakan kunjungan perdana Tim Pembina Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna pada tahun 2020 dan sebagai realisasi kegiatan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

“Tim Pembina Adiwiyata DLH Kab. Natuna akan senantiasa memberikan pembinaan terhadap Sekolah Adiwiyata maupun Calon Sekolah adiwiyata secara terus-menerus guna menghasilkan Sekolah dan kader siswa yang perduli dan berbudaya lingkungan serta mewujudkan sekolah yang unggul dan berwawasan lingkungan. Tidak hanya di Sekolah ini saja, akan tetapi Sekolah lain yang berminat juga akan mendapatkan pembinaan”, ungkap Tim Pembina Senior, Bpk. drh. Taufik Ismail. Dibalik semua itu, yang terpenting adalah karena berkat kerjasama sekolah dan komite. Setiap apapun yang dilakukan sekolah selalu mendapatkan dukungan, berbagai program sekolah selalu mendapat dukungan dari orangtua peserta didik.

(DLH/Edy S.)